Kami Memberikan Gudang atau Kumpulan Contoh Surat dan Proposal di blog ini.

Contoh Proposal Idul Adha

Share on :

Contoh Proposal Idul Adha - Ini kami berikan contoh untuk anda semua supaya anda bisa membuat Proposal Idul Adha yang mana untuk hari raya qurban ini memang membutuhkan donatur untuk bisa berbagi kepada semua orang, dimana kita harus membuat Proposal Idul Adha supaya mereka bisa memberikan sumbangan untuk sekolah anda, dan kamu bisa membuat ini tentang rincian pembelian hewan yang dikorbankan, seperti kambing dan sapi, sehingga para donatur tahu harga yang kewan qurban tersebut.


Baca Juga : Contoh Proposal Santunan Anak Yatim

Untuk itu bagaimana fara formati proposal Qurban tersebut maka kami sampaikan dibawah ini sehingga anda bisa mencontoh supaya anda bisa juga membuat proposal untuk acara Idul Adha tersebut, semoga bisa bermanfaat ya, oke langsung saja simak dibawah ini  Contoh Proposal Idul Adha tersebut.

PROPOSAL KURBAN IDUL ADHA
Tebar cinta duafa dengan berKurban

I.       PENDAHULUAN

Hari Idul Adha adalah merupakan puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukaromah, tetapi juga dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari raya ini disebut juga Hari Raya Kurban, dimana pada hari itu bagi setiap hamba-Nya yang mampu dianjurkan untuk menunaikan kewajibannya menyembelih hewan Kurban.

“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (Kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah dirizekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).” (QS. Al Hajj : 34)

”Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan ber-kurban-lah.” (QS. Al Kautsar : 1-2)
Dari dua surat di atas, secara langsung Allah SWT memberikan perintah agama (syari’at) di dalam kitab-Nya yang suci, bahwa kepada kita yang mengaku sebagai ummat-Nya diwajibkan untuk melaksanakan ibadah Penyembelihan Kurban. Sejalan dengan tujuannya, kewajiban ini akan jatuh kepada hamba-hamba-Nya yang telah dilimpahi rizeki dan membagi rizeki yang Allah berikan dengan saudara-saudara lain yang kurang (dhuafa).

Ibadah Kurban yang diperintahkan kepada ummat Nabi Muhammad SAW adalah ibadah yang mengacu kepada sejarah Kurbannya Nabi Ibrahim A.S. Perintah mengorbankan anak yang dicintainya, Nabi Ismail A.S. yang kemudian Allah gantikan dengan seekor Gibas adalah salah satu bukti ketaatan Nabi Ibrahim A.S dalam menjalankan perintah Allah SWT. Oleh karena itu, pelaksanaan ibadah Kurban harus diniatkan dalam rangka taat dan menjalankan perintah Allah, sebagaimana ayat-ayat di atas.

Ibadah Kurban juga memiliki keutamaan yaitu pengampunan dan keridhaan dari Allah SWT. Amalan yang paling dicintai Allah pada hari Raya Idul Adha adalah hewan Kurban. Rasulullah SAW bersabda:
“Tidak ada satu amalan yang paling dicintai Allah dari bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan Kurban. Sesungguhnya hewan Kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah Kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) Kurban itu.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majjah dan Hakim)

II.      TUJUAN KEGIATAN
1.  Meneladani Nabi Ibrahim As
2.  Menumbuhkan kesadaran dan peran serta ummat Islam khususnya siswa – siswi SMP Negeri 1 Pasuruan dalam upaya mengembangkan kecintaan kepada sesama, dalam perwujudan takwa kepada Allah
3.  Memperkokoh jalinan silaturahim dalam upaya menopang ukhuwah islamiyah di antara keluarga besar SMP Negeri 1 Pasuruan dengan masyarakat muslim di sekitar SMP Negeri 1 Pasuruan.

III.    BENTUK KEGIATAN
1.  Mengumpulkan dana hewan kurban
2.  Mengidentifikasi keluarga siswa – siswi SMP Negeri 1 Pasuruan dan masyarakat di sekitar sekolah  yang layak untuk menerima hewan kurban.
3.  Pelaksanaan Sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.
4.  Mendistribusikan hewan dan/atau daging kurban ke siswa – siswi SMP Negeri 1 Pasuruan yang membutuhkan dan masyarakat miskin di daerah sekitar SMP Negeri 1 Pasuruan.
5.  Pendokumentasian per hewan kurban sesuai nama pengurban dan pelaporan.

IV.    REKAPITULASI DANA YANG DIBUTUHKAN
Terlampir.

V.      JENIS & HARGA HEWAN KURBAN

JENIS/TIPE HEWAN BERAT HIDUP HARGA
Kambing tipe A 25 kg Rp       1.500.000
Kambing tipe B 30 kg Rp.      1.700.000
Sapi tipe A 150 kg Rp    10.500.000
Sapi tipe B 200 kg Rp.   15.000.000

Harga sudah termasuk infak  pemotongan dan pendistribusian.

VI.    METODE PEMBAYARAN & KONFIRMASI
1. Sumbangan dalam bentuk hewan kurban (sapi atau kambing) yang dapat diberikan langsung  ke pihak panitia
2.  Sumbangan dalam bentuk uang (infak) dapat diberikan langsung ke pihak panitia

VII.   WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Insya Allah Pelaksanaan kegiatan ini akan diadakan pada hari Sabtu,  tanggal 27 Oktober 2012 di SMP Negeri 1 Pasuruan.

VIII. SUSUNAN PANITIA
Terlampir

IX.    PENUTUP
Dengan penuh tulus ikhlas semata-mata hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT, kami mengajak Bapak/Ibu sekalian, kaum muslimin dan muslimat untuk mengambil kesempatan emas ini, yaitu momen Hari Raya Idul Adha, Hari Raya Kurban ini untuk menyisihkan sebagian dari rizeki dan nikmat yang telah Allah anugrahkan kepada kita untuk dibagikan kepada saudara-saudara kita yang sangat membutuhkannya di wilayah  kabupaten manggarai barat

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.(Qs. Ibrahim : 7)

“Sungguh, tiada balasan bagi kebaikan kecuali hanya kebaikan pula, maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS. Ar-Rahman : 60-61)

Demikian proposal ini kami buat dengan harapan dapat menggugah hati para donatur untuk menyisihkan sebagian infaknya demi suksesnya kegiatan ini.
Billaahittaufiq wal Hidaayah. Jazakumullaahu khairan katsiira.Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.

Pasuruan, 5 Oktober 2016
Ketua OSIS,                                                                                       Bid. Kesiswaan

Fauzan  H M                                                                                       Slamet Riyadi,S.Pd
NIS. 15743                                                                                          NIP. 197511072003121001

Mengetahui:
Kepala SMP Negeri 1 Pasuruan
Drs. Mohammad Djasuli, M.Si
NIP. 19651001 199003 1 016

Diatas adalah salah satu Contoh Proposal Idul Adha yang bisa kami sampaikan untuk anda semoga bisa menjadi info yang bermanfaat untuk kamu semua yang ingin sekali membuat proposal untuk acara Idul Adha saat ini.


Artikel Terkait

Anda sedang membaca Artikel tentang Contoh Proposal Idul Adha dan anda bisa menemukan Artikel Contoh Proposal Idul Adha ini dengan URL https://suratproposal.blogspot.com/2016/06/contoh-proposal-idul-adha.html, Terimakasih Telah membaca Artikel Contoh Proposal Idul Adha Anda boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste nya jika Artikel Contoh Proposal Idul Adha ini sangat bermanfaat bagi anda, Namun jangan lupa untuk meletakkan Link Contoh Proposal Idul Adha sebagai Sumbernya.

1 comments:

RUSMIYANTO said... July 25, 2019 at 5:44 PM

saya meminta izin untulk mengcopy paste

Post a Comment and Don't Spam!